Sabung Ayam Suku Dayak Pedalaman Pulau Kalimantan

s128, s1288, sabung ayam, adu ayam, laga ayam, agen sabung ayam, s128 sabung ayam, s1288 sabung ayam

Sabung Ayam Suku Dayak Pedalaman Pulau Kalimantans128, s1288, sabung ayam, adu ayam, laga ayam, agen sabung ayam, s128 sabung ayam, s1288 sabung ayam

S1288 Adu Ayam Online, Di se-antero Nusantara terdapat banyak tradisi Sabung Ayam, bahkan di pedalaman pulau Kalimantan juga didapati tradisi tersebut. Sabung ayam dipedalaman Kalimantan tidak jauh berbeda dengan tradisi adu ayam di daerah lainnya. Suku dayak Mualang merupakan satu diantara sekian banyaknya suku dayak di pedalaman pulau Kalimantan. Nama Mualang diambil dari nama seorang pahlawan suku mereka yang terkenal dengan julukan Manok Sabung / Sabung Ayam. Tradisi Sabung Ayam dapat ditemukan hampir diseluruh pedalaman pulau Borneo/Kalimantan. S1288 Laga Ayam Online, S1288 Situs Sabung Ayam, Mulai dari selatan hingga utara yang saat ini adalah Sabah, negara bagian Malaysia.

Suku dayak Linoh adalah salah satu suku dayak di pedalaman pulau Kalimantan yang selalu menggunakan tradisi Sabung Ayam dalam menyelesaikan perselisihan yang terjadi secara bijak dan damai. Mengapa dikatakan secara bijak dan damai? Hal ini di karenakan biasanya suku-suku dayak disana selalu menyelesaikan perselisihan dengan menggunakan tradisi Rendam dan tradisi Goreng Letup. Pada tradisi Rendam, orang yang bertikai kepalanya akan direndam dalam air, S1288 Situs Adu Ayam, S1288 Situs Laga Ayam  kepala siapa yang keluar dari air terlebih dahulu maka dialah yang harus mengalah dalam pertikaian tersebut.

Dalam hal menyelesaikan pertikaian yang terjadi, masyarakat suku dayak Linoh lebih arif dan bijaksana. Mereka memilih menggunakan ayam sebagai sarana penyelesaian pertikaian. Orang yang bertikai diharuskan membawa ayam laga unggulan miliknya untuk di adukan. Pemilik ayam yang kalah dalam aduan harus mengalah dalam pertikaian tersebut. Dari ketaatan masyarakat suku dayak Linoh pada budaya tradisi ini, dapat diketahui kalau suku dayak Linoh mencintai kedamaian.

Menurut penjelasan suku dayak Linoh, kuat atau tidaknya seekor ayam dalam laga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti warna bulu, waktu makan dan cara ayam tersebut mencari makan. Tradisi Sabung Ayam dalam kehidupan suku dayak Linoh mencerminkan hukum adat yang cukup bijaksana dan mencintai kehidupan yang damai. Namun di zaman yang sudah maju dan modern ini, sabung ayam suku dayak pedalaman pulau Kalimantan justru berubah fungsi menjadi ajang perjudian bukan lagi sebagai tradisi yang mencerminkan kedamaian.